Top Ad unit 728 × 90


Breaking News

random
[Payakumbuh][slide][FFFF00]

SMS Centre RSUD Adnaan WD, TEKAN Antrian Panjang

NerSumbar.Com, Payakumbuh--Sejak Layanan SMS Centre dilounching Walikota Payakumbuh Riza Falepi di halaman RS ini (09/05). Luonching SMS Centre ini bertujuan mengurangi panjangnya antrian mendaftar untuk mendapatkan layanan berobat di RSUD Adnaan WD. Pihak operator layanan pendaftaran siap membalas sms yang dikirim oleh pasien sesuai format Reg#Nomor MR#Nama#Poli yang dituju#Tanggal berobat#BPJS/Umum lalu kirimkan ke nomor 0815 1997 0500.

Sebagaimana yang kita coba saat mendaftarkan ananda Ahmad Qori Aulia yang mesti Check Up tanggal 15 Juni 2017, karena sebelumnya Qori mengalami perawatan kesehatan sekitar 6 hari di Ruang Melati RSUD Adnaan WD. Dan kita pun mencoba SMS Centre sesuai format yang ditentukan, di warkop Cipun Jalan A. Yani Kampung China Payakumbuh kita kirimkan SMS itu (14/06), sekitar 2 menit, sms kita sudah dibalas dengan tulisan "Terima kasih Anda telah terdaftar di Poli Anak dengan Kode Bookingan 6B1027. Silahkan daftar ulang dari jam 07.30- 10.30 WIB.

Keinginan untuk meninjau langsung seperti apa sih layanan ini esok paginya. Kita juga kaget, sekitar pukul 08.00 pagi, kita sampai di RSUD, namun pemandangan antri yang biasa kita amati mulai jauh berubah. Antrian terlihat hanya di meja antri yang dijaga Lisa.

Menurut Lisa, "sejak dibukanya SMS Centre, terjadi penurunan jumlah antrian perharinya sekitar 50 s/d 70 orang pasien. Sehingganya pasien lebih maksimal dalam memanajemen waktu berobat. Adapun pasien SMS Centre, baik umum maupun BPJS dilayani di Loket I oleh Ibu Dian Permana yang dibantu 2 orang rekannya." ucapnya

Kenyataan yang kita amati dipapan elektronik antrian, pada pukul 08.00 tersebut, tertera panggilan antrian 150 dari 280 pasien yang akan dilayani melalui  5 loket yang tersedia. Pelayanan terlihat lebih efektif dan efisien.

Adalah ibu Prima (40) warga Tiakar Kec. Payakumbuh Timur yang kita wawancarai menyebutkan, "tadi malam kita telah mendaftar melalui SMS Centre, mudah kok, dan bebas antri. Walau demikian, kita juga mesti sabar dalam antrian antar pasien sms centre, itu sih biasa," ucap petugas kesehatan Puskesmas Dangung-Dangung ini.

Adapun pasien yang selanjutnya, Ibu Kiki (32) warga Taeh Baruh Kec. Payakumbuh Kab. 50 Kota. Kiki mendaftar via sms Centre untuk memeriksa rutin kesehatan anaknya. Mendaftarnya sangat mudah, kemudahan ini harus dimaksimalkan dengan ketersedian petugas kesehatan, termasuk pasien juga harus paham dalam menggunakan fasilitas SMS Centre ini." ucapnya.

Di loket 1 yang dispesifikkan pelayanan terhadap pasien SMS Centre, menurut pengamatan sekilas kami, bukanlah hal yang mudah, karena ada ketentuan yang harus dipahami pasien, termasuk jadwal kunjungan dokter. Walau masih tampak sekitar 3 bangku pasien yang menunggu, namun menunggu ini merupakan menunggu kapan kita akan dilayani. Pasien tidak perlu lagi antri sejak pukul 06.00 pagi, hanya untuk mendapatkan nomor antri berobat.

Menurut dr. Yanti yang hadir dalam conference Pers di Kanca BPJS Payakumbuh menyebutkan, "kita akan tetap memaksimalkan pelayanan terhadap pasien, dalam waktu dekat kita akan menerapkan ApliKes RSUD Adnaan WD. Dengan ApliKes, pasien dapat mendapatkan informasi terkait ruang rawat, ketersedian dokter, dll. Mohon doa selalu, semoga kita akan lebih baik ke depan bersama -sama," jelas dr. Yanti.ul
Terkait : Manajemen RSUD dr Adnaan WD Launching Pendaftaran Berobat Via SMS Center
SMS Centre RSUD Adnaan WD, TEKAN Antrian Panjang Reviewed by Unknown on Juni 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by NerSumbar.Com © 2017 - 2018
Supported By Medianers, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.